185 Orang Garda Terdepan Pemilu di Lantik, Begini Pesan PPLN Seoul Korea Selatan

Seoul - 185 orang KPPSLN Metode TPS dilantik oleh Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Seoul secara hybrid online dan onsite, Minggu (21/01/2024) di KBRI Seoul, Korea Selatan.

Para petugas KPPSLN ini akan bertugas pada saat pemilihan tanggal 10 Februari 2024 untuk pelaksanaan pemilihan umum di Korea Selatan, dan penghitungan suara tanggal 14 Februari 2024.

Kuasa Usaha Ad-Interim (KUAI) KBRI Seoul Zelda Wulan Kartika dalam sambutannya mengatakan, 185 orang yang dilantik akan menjadi garda terdepan dalam pemilu 2024 di Korea Selatan.

"Untuk itu diperlukan upaya kolektif dan sinergitas antara PPLN & Panwaslu LN serta KPPSLN dalam menjalankan pelaksanaan pemilu ini berjalan dengan baik," ucap Zelda.

Lebih lanjut dikatakan Zelda Wulan, Indonesia menjadi barometer demokrasi di dunia, karena Indonesia merupakan negara ketiga terbesar dalam melakukan demokrasi.

"Karena pelaksanaan pemilu ini akan dilihat dan diperhatikan oleh dunia, terutama pelaksanaan kita di Korea Selatan akan dilihat langsung oleh pemerintah dan masyarakat Korea Selatan," kata KUAI KBRI.

Ketua PPLN Seoul, Huda Ulinnuha Al-Amien dalam arahannya mengatakan bahwa petugas KPPSLN akan bertugas di 29 TPS di 21 Kota.

"PPLN Seoul sudah menyiapkan semua kebutuhan bapak ibu semua agar tidak susah dalam menjalankan tugas. Itu yanh kami pikirkan pertama kali," ucap Ketua PPLN Seoul.

Setelah dilakukan pelantikan dilanjutkan bimbingan teknis (bimtek) yang dilaksanakan oleh PPLN bagi KPPSLN yang akan bertugas. Dalam bimtek dijelaskan mengenai alur kerja KPPSLN dilanjutkan dengan simulasi pemilihan.